Selasa, 24 Desember 2013

jus enak

5 Cara Buat Jus Lebih Sempurna

5 Cara Buat Jus Lebih Sempurna
scx.hu

TEMPO.CO, Jakarta - Apakah Anda penggemar jus? Jus adalah cara yang bagus untuk mendapatkan berbagai vitamin dan mineral penting dari buah. Selain lebih alami, jus juga lebih segar karena bisa ditambahkan dengan es. Meski banyak manfaat yang bisa diperoleh dari segelas jus, ada beberapa cara yang dapat membuat jus lebih baik. Berikut 5 cara untuk membuat jus terasa lebih baik, seperti dilansir dari laman Daily Health Post.

1. Gunakan 1 buah saja.
Saat membuat jus, Anda harus lebih berfokus pada sayuran ketimbang buah-buahan. Jika ingin mencampur jus, gunakan hanya satu jenis buah untuk jus sayur Anda. Pasalnya, buah dalam jumlah besar bisa menaikkan gula darah.

2. Sesekali pilihlah sayuran akar untuk dijus
Sayuran akar, seperti wortel dan bit akan menambah manfaat dari jus. Gunakan satu atau dua jenis sayuran akar untuk jus yang Anda buat. Bit sangat baik untuk ditambahkan ke dalam jus karena vit kaya akan kalium, vitamin A dan C, serta kalsium. Sementara wortel,  juga kaya akan vitamin A, B, C, D, E, dan K, serta juga mengandung kalium, kalsium, mineral, sodium, dan fosfor. Selain bit dan wortel, ada pula lobak, kenyang, dan ubi yang bisa ditambahkan ke dalam jus Anda.

3. Selalu gunakan sayuran berdaun
Saat membuat jus, pastikan selalu ada setidaknya satu jenis sayuran berdaun hijau di dalam jus Anda. Sayuran berdaun hijau misalnya  kangkung, brokoli, selada, atau bayam. Sayuran ini akan menjaga gula darah dan kadar insulin untuk tetap stabil. Selain itu, tentunya sayuran berdaun hijau akan menambah kandungan bermanfaat di dalam jus Anda. Sayuran berdaun hijau terkenal akan manfaat serat, vitamn C, potasium, asam folat, dan magnesium yang dikandungnya.

4. Gunakan sayuran berair untuk pengenceran
Selain sayuran akar dab sayuran berdaun hijau, sayuran berair juga sangat baik untuk mengencerkan jus Anda. Selain itu, sayuran berair, seperti seledri dan mentimun, juga kaya akan vitamin dan mineral.

5. Hiasi jus Anda
Setelah menggabungkan semua bahan yang begitu sehat, jangan lupa untuk sedikit hiasan. Dengan menambahkan lemon, mint, jahe, atau rempah-rempah lain, rasa jus akan lebih kuat dan segar. Selain menambah rasa, lemon dan yang lainnya juga memberikan manfaat antioksidan.

0 komentar:

Posting Komentar